Senin, 18 Maret 2013

3 HAL WAJIB UNTUK KAYA DUNIA AKHIRAT



Sebelum saya berbagi informasi dan menuliskan materinya, saya ingin menyamakan persepsi bahwa jika ada kata kaya dalam tulisan ini, berarti maksud saya  adalah kaya secara keuangan atau finansial. Walau sebenarnya saya tentu sepakat bahwa banyak definisi kaya, salah satunya seperti ada kalimat bijak yang mengatakan bahwa orang yang paling kaya adalah orang yang paling merasa cukup dengan pemberian Allah.

Kaya Dunia adalah orang yang mencari dunia untuk kepuasaan hawa nafsunya, sehingga dia mau melakukan cara apa saja asalkan keinginannya tercapai.  Kaya Akhirat adalah orang yang selama hidupnya di dunia selalu berharap akhiratnya, namun sayangnya beliau hanya beribadah untuk kepentingan dirinya, dan tidak berfikir menambah kekayaannya di dunia agar bisa banyak berbagi. Kaya dunia akhirat adalah orang yang mencari dunia dengan niat semakin dekat pada Allah, cara-cara yang digunakannya untuk meraih kekayaan pun adalah cara yang diridhai oleh Allah. Berhati-hatilah dalam hal ini.

Banyak orang yang mengejar kekayaan, namun terjebak dengan cara yang tidak disukai, bahkan dilarang oleh Allah. Mereka lupa atau tidak menyadari, bahwa ada kehidupan akhirat di saat Allah akan meminta pertanggungjawaban, dari apapun yang dilakukannya di dunia. Sehingga kekayaannya tidak bermanfaat sedikitpun di akhirat, bahkan kekayaannyalah yang membuatnya celaka di akhirat. Akhirnya dia kaya di dunia namun miskin di akhirat. Bahkan kalau mau jujur, banyak penderitaan yang dia alami di dunia, seperti masuk penjara, terbaring dengan penyakit kanker, keluarganya terjerat narkoba dan lain-lain.

Maka yang paling menarik untuk kita dapatkan adalah kaya dunia akhirat. Kekayaan yang dikejar diniatkan sejak awal mencarinya untuk mensejahterakan orang-orang lemah ekonomi, untuk membangun masjid, membantu dakwah Islam, membangun rumah sehat gratis untuk kaum dhu’afa, dan lain-lain. Kehidupan akan lebih bahagia karena kebahagiaan itu semakin besar jika semakin banyak orang yang mendapat kebahagiaan melalui diri kita. Dan dengan perjuangan mencari kekayaan yang berkah, dan dengan manfaat yang dibagikan dari kekayaan yang didapatkan, semua itu menjadi wasilah kaya dunia akhirat.

Ada 3 hal yang wajib ada untuk menggapai kaya dunia akhirat. Saya memberikan istilah GILING untuk memudahkan kita mengingatnya. GILING adalah singkatan dari Guru yang tepat, Ilmu yang tepat, dan LINGkungan yang tepat. Salah satu bahan yang sering digiling adalah biji. Saya memberikan gambaran bahwa sebuah biji akan dapat tumbuh dengan baik jika ada matahari dengan cahaya yang cukup menyinari dan juga biji tersebut membutuhkan tanah subur yang memiliki unsur hara yang cukup sebagai zat yang dibutuhkan untuk tumbuh.

Matahari yang bersinar adalah gambaran dari guru yang mempunyai ilmu yang dibagikan kepada muridnya untuk mendapatkan kaya dunia akhirat. Tanah yang subur menggambarkan lingkungan baik yang dibutuhkan untuk menjadi kaya dunia akhirat.

Guru yang dibutuhkan bisa jadi bukan hanya satu orang, bahkan akan lebih baik jika lebih dari satu guru agar bisa lebih banyak ilmu dan wawasan yang didapatkan untuk mendapatkan percepatan yang berkah dalam impian menuju kaya dunia akhirat. Jika hanya memiliki satu guru dikhawatirkan seperti katak dalam tempurung. Padahal ilmu Allah sangat luas yang tersebar di alam semesta dan tidak hanya berada di satu orang guru.

Berapa minimal jumlah guru yang dibutuhkan, sangat tergantung berapa banyak ilmu yang kita butuhkan. Karena ilmu sangat luas, maka pastikanlah ilmu yang didapatkan hanya ilmu yang akan membawa kita kaya dunia akhirat. Kaya dunia pun sangat luas, maka tentukanlah bidang usaha dan investasi yang ingin Anda lakukan sesuai bimbingan dari guru yang bijak dan sangat memahami kelebihan dan kelemahan Anda. Jangan paksakan keinginan Anda walau Anda menyukai suatu bidang, jika guru Anda mengatakan sebaiknya jangan bidang itu yang Anda lakukan. Karena banyak sekali peluang bisnis yang menggoda, sehingga hanya karena semangat sesaat lalu Anda langsung ingin melakukan bisnis tersebut.

Guru Anda akan membantu menemukan passion atau gairah Anda, karena bekerja dengan passion akan membuat Anda tiada lelah dan tiada bosan mengerjakan sesuatu, yang ada hanya lelah fisik namun takkan ditemukan lelah jiwa. Jika ada kelelahan jiwa, maka sungguh Anda perlu melihat kembali apakah bidang itu adalah passion Anda, atau bisa jadi itu adalah passion Anda, namun ada sesuatu yang salah dalam hidup yang membuat Anda lelah jiwa, mungikin Anda salah niat, atau mungkin ada ibadah yang berkurang ataupun dosa yang Anda lakukan kepada Allah SwT atau yang berhubungan dengan manusia.

Jika sudah ditentukan bidangnya sesuai dengan yang disarankan oleh guru Anda, maka lakukanlah dengan sepenuh hati, dan segera Anda mencari semua ilmu yang dibutuhkan untuk sukses dan kaya sebesar-besarnya di bidang tersebut. Jangan pernah Anda belajar sebuah ilmu pun yang tidak ada hubungannya sama sekali dengan kesuksesan dan kekayaan yang insya Allah akan Anda capai melalui bidang tersebut. Sayang sekali waktu yang terbuang hanya untuk belajar sesuatu yang sangat sedikit manfaatnya dalam hidup Anda.

Selain bertemu guru dan ilmu yang tepat, Anda juga membutuhkan lingkungan yang tepat, lingkungan yang mempunyai visi yang sama dengan visi Anda, lingkungan yang menjaga semangat Anda beribadah kepada Allah SwT bahkan lingkungan tersebut memacu Anda meningkatkan amalan-amalan ibadah sunnah. Lingkungan yang tepat akan menjaga semangat dan optimis Anda dalam aktivitas menuju kaya dunia akhirat insya Allah. Dengan lingkungan yang tepat ini, Anda harus sering bertemu dengan mereka dan melakukan aktivitas bersama, dan sebaiknya ada sebuah sistem atau suasana yang dibangun, untuk membuat siapapun yang berada dalam lingkungan ini berlomba-lomba dalam prestasi kebaikan.

GILING, adalah 3 hal minimal yang wajib ada untuk kaya dunia akhirat. Milikilah segera rencana dan bergerak dengan rencana yang Anda buat untuk menemukan Guru, Ilmu, dan lingkungan yang tepat. Hadirilah banyak seminar motivasi dan pengembangan diri, atau seminar bisnis, karena dalam seminar atau pelatihan itulah insya Allah Anda akan ketemu calon GILING buat Anda. kemudian segeralah tentukan GILING yang tepat buat Anda. Berhati-hatilah jika ada GILING yang kelihatannya bagus tapi sebenarnya tidak membawa Anda semakin dekat kepada Allah SwT. Ciri semakin dekat kepada Allah SwT adalah semakin bertambahnya kualitas ibadah wajib khususnya shalat lima waktu menjadi awal waktu dan lebih banyak yang dilakukan berjamaah daripada shalat sendiri, serta bertambahnya ibadah sunnah baik jumlah rakaat shalat sunnah maupun jumlah puasa sunnah, juga tentunya jumlah shadaqah yang semakin besar. Mintalah bimbingan Allah SwT agar langkah Anda ditunjukkan agar bertemu GILING yang tepat menuju KAYA DUNIA AKHIRAT.(AAK)

ingin ngobrol dengan saya ? follow twitter saya di @alif_ABaTa

1 komentar: