Senin, 18 Maret 2013

LEBIH BAIK MENJADI YANG TERBAIK



Saya fikir ada benarnya, jika ada orang bilang yang penting jadi orang baik, daripada menjadi orang yang tidak baik. Namun jika direnungkan, sebenarnya amat sangat disayangkan kalau hanya sekedar menjadi orang baik saja di dunia ini, sementara sebenarnya kita masih bisa menjadi orang yang sangat baik, bahkan menjadi orang yang terbaik.

Saat membahas orang terbaik, tentunya bukan bermaksud kita akan menjadi manusia dengan kualitas sama persis seperti Nabi Muhammad Saw, karena kita semua pasti sepakat takkan ada yang bisa menyamai kualitas beliau. Tapi yang saya maksud adalah segala potensi yang telah disiapkan oleh Allah SwT untuk kita, harus kita perjuangkan untuk dioptimalkan.

Mari berandai, andaikan potensi yang telah diberikan kepada Anda sebenarnya bernilai 100, lalu Anda hanya berbuat 40, berarti nilai Anda masih ‘merah’ di sisi Allah SwT. Jadi Anda harus berjuang bagaimana caranya potensi nilai 100, yang sungguh telah ada dalam diri Anda benar-benar wujud dalam prestasi nyata dalam kehidupan, baik dari dimensi ibadah maupun dimensi muamalah.

Perhatikan kualitas ibadah wajib, khususnya shalat 5 waktu yang sangat baik jika dilakukan berjamaah bersama umat Islam lainnya, dan di awal waktu tentu akan lebih baik. Juga kualitas shalat yang seharusnya lebih khusyu’ dan tentunya itu akan menjadi lebih baik nilainya. Selain shalat 5 waktu, perhatikan juga semua jenis shalat sunnah dalam 24 jam. Baik shalat sunnah rawatib, dhuha, tahhajjud, witir, dan lain-lain. Selain shalat tentu juga tilawah dan tadabbur Quran, dan semua ibadah sunnah lainnya yang dicontohkan oleh Rasulullah Saw.

Dalam hal muamalah, selain harus berbuat baik kepada semua orang, Anda juga harus menentukan bidang (pekerjaan / usaha) apa yang akan menghasilkan prestasi terbaik dalam kehidupan Anda. Setelah Anda merenungkan dan menentukan bidang yang akan Anda tekuni, maka janganlah menjalankannya setengah hati, karena semua yang dilakukan tidak sepenuh hati takkan menghasilkan nilai yang terbaik.

Untuk menjadi terbaik di bidang tertentu, Anda harus mencari informasi tentang siapa saja orang-orang yang telah menjadi terbaik di bidang yang akan Anda jalani. Harus ada orang yang bisa dicontoh pengalamannya dalam menjalankan suatu bidang yang juga akan Anda jalani. Kita pelajari sebanyak mungkin, tentang apa saja yang telah dilakukan orang yang paling sukses di bidang itu. Setelah Anda mengetahuinya, maka Anda harus berniat menjalankan 100% dari semua hal baik yang telah dicontohkan untuk sukses. Insya Allah Anda pun akan turut menjadi yang terbaik, bahkan ada kemungkinan Anda bisa menjadi lebih baik dari orang sukses itu.

Untuk mendapat informasi yang tepat, Anda bisa lakukan langsung berkonsultasi dengan orangnya jika masih hidup, dan Anda tahu bagaimana caranya bertemu langsung dengan orang sukses itu. Atau Anda mencari cerita atau kisah nyata orang tersebut dari buku, CD (Audio/Video), seminar, pelatihan, atau dari dunia maya (internet / jejaring sosial), dll.

Kesimpulannya, segera tentukan bidang apa yang akan Anda tekuni, lalu carilah orang terbaik di bidang tersebut, kemudian pelajarilah serta ikuti 100% apa yang beliau lakukan sehingga beliau bisa menjadi yang terbaik di bidangnya. Jadi, jangan menjadi baik jika bisa menjadi lebih baik, dan lebih baik lagi menjadi YANG TERBAIK. Selamat berjuang menuju PRESTASI YANG TERBAIK. (AAK)

ingin ngobrol dengan saya ? follow twitter saya di @alif_ABaTa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar