Senin, 18 Maret 2013

UJIAN dan ILMU


Jika kita berbicara tentang UJIAN kehidupan, pastinya kita harus mengambil soal jawabannya dari sumber segala sumber ILMU yakni Al Quran. Mengapa harus dari Al Quran? Karena jika salah mengambil ILMU, akan salah pula sikap yang diambil dalam menghadapi UJIAN, akhirnya berujung kecewa, putus asa, menyalahkan semua orang, bahkan menuduh Allah SwT tidak adil. Bukankah ini yang banyak terjadi di masyarakat? Maka jadikan ILMU Al Quran sebagai soal jawaban dari segala UJIAN kehidupan. 

Dalam Quran Surah Al Mulk (67) : ayat 2, dijelaskan bahwa Allah SwT yang menciptakan kehidupan dan kematian untuk menguji siapa yang terbaik amalnya di antara manusia. Artinya, seluruh kehidupan dalam setiap perjalanan waktu, sungguh itu adalah UJIAN baik senang maupun susah, yang tentunya akan dilihat siapa yang paling baik nilainya dalam ‘menjawab soal UJIAN’ itu.

Yang menggembirakan kita sebagai hamba Allah SwT adalah tiada UJIAN, kecuali pasti selalu ada kunci jawaban yang benar atau jawaban terbaik, untuk menyikapi UJIAN yang diberikan oleh Allah SwT. Juga tidak mungkin UJIAN yang kita hadapi, di atas kemampuan kita untuk memikulnya. Coba lihat para guru, jika memberikan soal UJIAN kepada muridnya, pastilah dia sudah mempunyai kunci jawabannya, dan tidak mungkin seorang guru SD memberikan soal UJIAN SMP kepada anak muridnya yang masih SD, apalagi soal UJIAN perguruan tinggi, oh... tentu tidak, tentu sangatlah tidak mungkin itu terjadi dengan sengaja.

Jika guru saja sudah sedemikian bijaknya dalam memberi UJIAN pada murid-muridnya, apatah lagi Allah SwT  Yang Maha Adil, tentulah UJIAN itu sangat tepat kadarnya bagi setiap hamba-hambaNYA, dan pastinya Allah SwT Yang Maha Pengasih Maha Penyayang sudah menyiapkan jawaban, dari setiap UJIAN yang diberikannya kepada seluruh hambaNYA. Jadi, jika ada manusia yang mengeluh tentang UJIAN yang terlalu berat, yang sedang menimpa dirinya, sungguh dia hanya tidak memiliki ILMU untuk menjawab atau menyikapi UJIAN yang dihadapinya.

Ketahuilah sungguh hakikat UJIAN datang dari ALLAH SwT, dan ILMU untuk menjawab UJIAN tersebut juga pasti datang dari ALLAH SwT. Mari kita buktikan! Ayo Baca Tanda : Jika A=1, B=2, C=3, ..., Z=26, maka U+J+I+A+N = 21+10+9+1+14 = 55, begitu pula dengan ILMU, I+L+M+U = 9+12+13+21 = 55, QS. 55 adalah Ar Rahman. Dialah Allah SwT Ar-Rahman Yang Maha Pengasih, yang memberikan UJIAN bagi hambaNYA dan sekaligus menyiapkan ILMU untuk menjawab setiap UJIAN yang ada.

Maka berharaplah hanya kepada Allah SwT dan bersandarlah selalu hanya kepadaNYA, iyyahu na’budu wa iyyahu nasta’in, hanya kepada-NYA kita menyembah dan hanya kepada-NYA kita memohon pertolongan. Jika semua sudah kita serahkan kepada Allah SwT Yang Maha Mengatur segala urusan, segala sesuatu pastinya akan beres. Sungguh tepat nasihat Quran yang mengatakan laa takhaf walaa tahzan, jangan khawatir dan jangan bersedih, don’t worry be happy.

Dalam ayat kursi (QS. Al Baqarah (2) : 255), Allah SwT telah menegaskan Dialah Yang Menjaga langit dan bumi, tanpa ngantuk sedikitpun apalagi sampai tertidur. Maka tersenyumlah menghadapi segala UJIAN yang ada, hanya masalah waktu UJIAN itu akan selesai dengan nilai yang baik, asalkan kita terus belajar untuk meningkatkan ILMU untuk menghadapi UJIAN apapun yang Allah SwT berikan kepada kita. Sekali lagi, tersenyumlah dengan senyuman terbaik, karena badai pasti berlalu. Masa depan selalu terbentang cerah bagi yang selalu berprasangka baik kepada Rabbnya. Wallahu a’lam. (AAK)

ingin ngobrol dengan saya ? follow twitter saya di @alif_ABaTa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar